tugas pengantar bisnis(soft skill) tanggal 2 oktober 2010

Posted: Oktober 14, 2010 in Uncategorized

nama : sholikin
kelas :1eb04
npm : 26210531

1.Jelaskan pengertian bisnis :
Bisnis adalah aktivitas ekonomi seperti, menyediakan barang dan jasa, produksi , pembelian , penjualan dan pertukaran barang dan jasa yg melibatkan orang atau perusahaan. tujuan mendapatkan keuntungan/ laba.

2.Jelaskan perbedaan bisnis dengan kegiatan non bisnis :
Bisnis : adalah aktivitas ekonomi seperti, menyediakan barang dan jasa, produksi , pembelian , penjualan dan pertukaran barang dan jasa yg melibatkan orang atau perusahaan. tujuan mendapatkan keuntungan/ laba.

kegiatan non bisnis : kegiatan manusia yg bertujuan aspek kemanusian (sosial) bukan mencari keuntungan.
misal : organisasi masjid

3.Jelaskan pengertian kesempatan bisnis :
kesempatan bisnis adalah : peluang bisnis yg ada dan selalu berkembang seiring perkembangan peradaban manusia kaerana : kebutuhan dan keinginan manusia yg makin berkembang dan beraneka ragam dan tanpa batas, serta ingin terpuaskan.

4.Jelaskan maanfaat mempelari bisnis :
-membantu kita untuk dapat bekerja secara efektif, efisien di dunia bisnis.
-memberikan kemampuan, melihat, menyelesaikan masalah, mengambil keputusan bisnis yg benar tentang berbagai aktivitas dan objek bisnis.
-sukses berkarir di dunia bisnis
.menyesuaikan dengan dunia bisnis yg selalu berubah karena, globalisasi, perdagangan global, serta : perubahan di bidang teknologi.

TUGAS 2.
uraikan bisnis apa yg bisa mendatangkan hasil yg menguntungkan bila dikelola dengan baik minimal, 3 tulisan bebas.

Bisnis Kelapa Tak Ada Matinya
Warta Kota/Cahyo Nurdin

Kuningan, Warta Kota

Para agen kelapa muda mengatakan, bisnis kelapa muda cukup menjanjikan. Terutama di bulan Puasa penjualannya meningkat minimal dua kali lipat.

Salah seorang agen kelapa muda di Kawasan Palmerah, Yanto Wibowo, mengatakan, dari pengalaman bisnisnya di beberapa bidang, bisnis kelapa muda tergolong bisnis yang memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk berkembang.

“Asal mau bekerja keras, sedikit kreatif, dan tahan banting. Bisnis kelapa muda memberikan peluang orang untuk berkembang dengan baik,” kata Yanto Wibowo yang oleh para karyawan dan relasinya akrab dipanggil Pak RT.

Yanto dan sejumlah agen kelapa muda menegaskan, bisnis kelapa muda merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Sebab, kelapa muda dicari semua lapisan masyarakat tanpa memandang cuaca.

“Jadi pasarnya terbuka luas. Tidak mengenal musiman. Semua lapisan memerlukannya, mulai dari kelas sosial-ekonomi paling bawah sampai paling atas,” kata Yanto yang memasok kebutuhan kelapa muda untuk sejumlah pusat perbelanjaan.

Para pebisnis kelapa muda itu juga mengemukakan, Jakarta tak akan kesulitan memperoleh kelapa muda, karena sumbernya banyak. “Indonesia ini negeri Nyiur Hijau. Pohon kelapa tumbuh di mana-mana. Stoknya hampir nggak pernah habis,” kata Yanto.

Sedangkan sentra-sentra penghasil kelapa sebagai pemasok kelapa cukup banyak. Jawa Barat, Banten, dan Lampung merupakan tiga provinsi yang memiliki sentra-sentra penghasil kelapa yang subur dan dekat dengan Jakarta.

Dari segi modal dan sistem, tambah Yanto, bisnis ini merupakan bisnis yang modalnya relatif rendah, sistem dan penanganannya relatif sederhana atau mudah dilakukan.

Sedangkan Heri Tutur Mugiyono, agen kelapa di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, mengatakan, untuk bernisnis kelapa tidak diperlukan modal besar. Cukup dengan meja dan termos, sebagai perangkat utama. Memang kalau memakai gerobak modalnya bisa antara Rp 1.5 juta hingga Rp 2 juta.

Saat ini harga beli kepala muda di tingkat agen antara Rp 2.700-Rp 3.000/butir. Untuk tingkat grosir sekitar Rp 2.500 – Rp 2.700.

Para pedagang es kelapa muda biasanya menjual antara Rp 4.000 – Rp 5.000/butir. Jika dijual dalam ukuran gelas atau plastik, satu butir kelapa bisa menghasilkan uang antara Rp 10.000 – Rp 15.000.

Sejumlah agen mengatakan, pada musim kemarau permintaan akan kelapa muda meningkat. Tapi yang paling banyak meningkatnya yaitu pada bulan Ramadan. Pedagang mengaku paling sedikit ada peningkatan dua kali lipat.

Mereka memberikan contoh hitung-hitungan bisnis kelapa muda. Jika seorang pedagang mampu menjual 100 butir/hari setidaknya mengantongi keuntungan antara Rp 100.000 – Rp 200.000.

Jika dijual dalam gelas atau kantong plastik, pedagang akan memperoleh laba sekitar Rp 5.000/butir. Kalau sehari terjual antara 20 butir hingga 50 butir maka ia akan memperoleh keuntungan antara Rp 100.00 sampai Rp 200.000. (Willy Pramudya)
sumber :http://www.wartakota.co.id/read/news/10757

Sandal Anak|Sandal Lucu|Sandal Unik|Sandal Imut|Sandal Wanita

Sandal Anak, Sandal Jepit Anak, Sandal Kartun, Sandal Lucu, Sandal Imut, Sandal Crocs, Sandal Wanita, Sandal Murah, Sandal Cantik, Sandal Boneka, Sandal Unik, Sandal Klumut
Sandal Anak, Sandal Jepit Anak, Sandal Kartun, Sandal Lucu, Sandal Imut, Sandal Crocs, Sandal Wanita, Sandal Murah, Sandal Karakter, Sandal Unik
Sandal Anak, Sandal Jepit Anak, Sandal Kartun, Sandal Lucu, Sandal Imut, Sandal Crocs, Sandal Wanita, Sandal Murah, Sandal Cantik, Sandal Boneka, Sandal Unik, Sandal Jepit ….. atau Apapun itu namanya Anda bisa saja memberikannya buat Sandal ini…

Ya..! Kami mencoba membuat Sandal Jepit dengan model yang diluar pakem, benar-benar “out of the box”. Sandal jepit tidak hanya selembar alas kaki dan untaian tali untuk dijepit jempol kita saja, melainkan juga membuatnya menjadi sandal lucu dan juga sandal imut.

Dengan model yang bervariasi, bisa menjadi sandal wanita, sandal anak, dan sandal dewasa. Benar-benar universal penggunaannya. Dengan pilihan model yang lebih dari 10 macam membuat Anda bisa memilih alternatif lebih banyak. Dari bentuk sandal sapi, sandal semar, sandal kura-kura, sandal blangkon, sandal babi, sandal dolphin, dll.

Ini dia contoh sandal jepit dengan model Sandal Sapi ……

Sandal Sapi
Kalo mau pesan silakan KLIK DISINI.
Pilihan Paket Sampel Agen, KLIK DISINI

Atau, kalau yang ini Sandal Klumut Model Gatot Kaca. Otot kawat balung wesi, kalo dibikin model sandal ternyata lucu juga kan ?

Sandal Gatotkaca
Kalo mau pesan silakan KLIK DISINI.
Pilihan Paket Sampel Agen, KLIK DISINI

Selain bentuknya diluar pakem, sandal jepit lucu dan imut ini juga tersedia untuk ukuran anak-anak dan juga untuk orang dewasa. Jadi gak usah takut gak bisa pake. Mau dipake untuk sandal rumah (indoor) ataupun dipakai diluar (outdoor) sandal ini cukup kuat dan tahan lama. Kena airpun juga no problem..!

Masalah harga, dengan keunikan bentuk sandal ini harganya masih sangat-sangat murah..! Yang pasti harganya masih dibawah Rp50.000,- Murah bukan..?Memang itulah tujuan kami, memberikan produk yang lain dari yang lain, unik, berguna, serta yang paling penting harga masih masuk dikantong..!

Dengan pilihan model yang sangat bervariasi dan rutin kami update Anda lebih leluasa punya banyak pilihan model yang bisa dijual atau dipakai sendiri. Seperti model berikut ini, sepatu-pun bisa dibuat menjadi sandal..!! Opo tumon hayooo???

Sandal Sepatu Kets
Kalo mau pesan silakan KLIK DISINI.
Pilihan Paket Sampel Agen, KLIK DISINI

Atau barangkali Anda juga tertarik untuk menjualnya kembali..? Tenang saja, Kami sudah memikirkan itu. Kami menyediakan paket sampel produk sandal klumut ini yang bisa Anda pesan untuk memulai bisnis sandal klumut ini. Untuk info lengkap mengenai pemesanan paket sampel sandal klumut itu bisa Anda baca DISINI.

Dengan margin/laba produk per pcs yang bisa mencapai hampir 50% membuat bisnis sandal klumut ini layak untuk Anda jalankan. Silakan simak ilustrasi kelayakan bisnisnya berikut ini:

Modal Awal :
Pembelian 100 pasang sandal :
a. 50 pasang Sandal Anak (50 x Rp17.500,-) = Rp875.000,-
b. 50 pasang Sandal Dewasa (50 x Rp22.500) = Rp1.125.000,-
Ongkos kirim : Rp100.000,-
Total Modal Awal = Rp2.100.000,-

Pemasukan :
Penjualan 100 pasang sandal :
a. 50 pasang Sandal Anak (50 x Rp27.500,-) = Rp1.375.000,-
b. 50 pasang Sandal Dewasa (50 x Rp35.000) = Rp1.750.000,-
Total pemasukan : Rp3.125.000,-

Laba : (Rp3.125.000,- ) – (Rp2.100.000,-) =Rp1.025.000,-

Persentase Laba : (Rp1.025.000 : Rp2.100.000) x 100 = 48,8%

Sebuah hitungan yang cukup masuk akal dan dengan asumsi jumlah pembelian 100 pasang saja. Dari pengalaman yang pernah terjadi, ada reseller yang bisa menjual dengan harga eceran sandal anak mencapai Rp35.000,-/pasang dan sandal dewasa Rp40.000,-/pasang.

Kalo udah gitu, silakan dihitung sendiri berapa margin/laba yang didapat..!!!

Menggiurkan memang….

Sandal SOLO dan Sandal YOG-YES
Kalo mau pesan silakan KLIK DISINI.
Pilihan Paket Sampel Agen, KLIK DISINI

Nah segera tangkap peluang bisnis Sandal Klumut ini..!! Terlebih lagi kami juga menyediakan paket sampel produk sebagai contoh untuk menuju ke order-order berikutnya..! Kami berikan pula CD Foto koleksi produk yang foto-fotonya bisa Anda gunakan untuk membuat katalog produk sendiri, atau bahkan untuk memasarkan produk secara online juga, why not..!!
sumber :http://www.sandalklumut.com/2010/08/sandal-anak-sandal-jepit-anak-sandal.html

BISNIS PLAN LAUNDRY KILOAN

Posted October 11, 2008 by Mully in Artikel, Bisnis. Tagged: Bisnis, bisnis laundry, cuci baju kiloan, cuci kiloan, Laundry kiloan, usaha, usaha sendiri. 23 Comments

Berikut ini sedikit gambaran bisnis plan mengenai usaha laundry kiloan. Apabila ada pertanyaan atau masukan silakan dikirim melalui comment atau ke remouldi@hotmail.com

SEMOGA BERMANFAAT

OVERVIEW

Cukup banyak yang tertarik dengan Bisnis Laundry Kiloan saat ini, mungkin bisnis plan untuk bisnis laundry kecil-kecilan ini bisa dijadikan referensi tambahan..

Bisnis laundry merupakan bisnis yang mengandalkan jasa. Sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini .

Perlu untuk di ketahui fundamental dari bisnis ini secara professional. Apa saja jasa yang akan diberikan, siapa saja target customernya, siapa saja yang menjadi pemilik, berapa biaya yang dibutuhkan.

Produk dan jasa :

* Jasa cuci
* Jasa cuci & kering
* Jasa Cuci, kering, & setrika
* Layanan antar jemput

Nilai tambah yang bisa diberikan:

* Menggunakan sabun bermutu baik
* pewangi pakaian tahan lama
* hasil cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
* cucian tidak dicampur dengan orang lain
* control terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
* Perawatan warna baju yang baik
* Discount untuk pelanggan
* Discount untuk 10 kali cuci.

MARKETING PLAN

Perlu untuk dilakukan survey kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk disekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, karakteristik konsumen.

Survey bisa dilakukan secara langsung dan juga berdasar data-data sekunder untuk melihat seberapa besar pangsa pasar bisnis ini, dan mencari kemungkinan untuk di kembangkan.

Bisnis ini paling baik berlokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawan/ karyawati, salon, juga perumahan.

Buat juga apa saja yang menjadi competitor untuk bisnis ini misal jasa cuci bulanan, laundry & dry clean. Buatlah list competitor, selanjutnya analisis kelebihan dan kekurangannya. Dari hasil tersebut dapat dijadikan dasar untuk bersaing yang baik.

Selanjutnya perencanaan promosi bisnis agar orang-orang tau ini loh jasa yang bisa kita berikan. Misal dengan membuat leaflet, pamflet, promosi dari mulut ke mulut, spanduk, radio, arisan,. Tetapkan juga nominal budget promosi, seberapa sering dan cara yang paling efektif untuk menunjang bisnis secara konsisten.

PRICING STRATEGY

Perlu juga diamati apakah pangsa pasar yang ada berorientasi pada kualitas produk atau pada harga. Bandingkan pula dengan harga kompetitor.

Penetapan harga yang terlalu rendah belum tentu baik, karena tidak semua orang perduli dengan harga yang murah selain itu keuntungan menjadi sangat tipis. Salah salah malah dibilang murahan. Lebih baik memberikan harga rata-rata dengan kualitas baik.

OPERATIONAL PLAN

Buatlah Prosedur tetap:

* Pencucian pakaian mulai dari takaran sabun, pewangi, pengendalian kepemilikan baju, pembungkusan.
* Pencucian boneka, bedcover dll.
* Kartu Langganan

Susunlah peralatan-peralatan dengan efektif dan seefisien mungkin, untuk menghemat waktu pengerjaan, nyaman dan enak dipandang.

Rincikan kebutuhan peralatan dan bahan penunjang seperti mesin cuci, timbangan, pengering, setrika, listrik yang menunjang, telepon, dan bahan habis pakai lainnya.

Tetapkan kebutuhan minimal bahan habis pakai sebelum memesan kembali ke supplier.

Rekrutlah karyawan yang kompeten serta berikan pelatihan yang memadai. Karyawan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis. Rancanglah system penggajian yang adil dan sesuai dengan beban kerja. Berikan bonus jika omset meningkat, karena hal ini dapat meningkatkan semangat kerja karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Carilah supplier terbaik yang dapat diandalkan untuk menunjang kelancaran bisnis, terus menerus melakukan improvement disisi supplier merupakan suatu keuntungan.

BEGINNING FINANCIAL REPORT

Neraca digunakan untuk melihat kondisi kekayaan perusahaan pada tanggal neraca.

Pentingnya membuat neraca awal agar dapat dibandingkan dengan kondisi yang akan datang. Untuk mengetahui perubahan struktur kekayaan perusahaan.

Neraca

Aktiva = Pasiva

AKTIVA PASIVA
Aktiva Lancar Utang
Kas xx Utang jangka pendek xx
Bank xx Utang jangka panjang xx
Sediaan Barang xx
Piutang Usaha xx
Total Aktiva Lancar A Total Utang C

Aktiva Tetap Modal
Peralatan xx Modal A xx
Kendaraan xx Modal B xx
Gedung xx
Tanah xx
Total Aktiva Tetap B Total Modal D

Total Aktiva A+B Total Pasiva C+D

Laporan Laba Rugi fungsinya untuk mengetahui besarnya laba/ rugi yang diperoleh dari suatu bisnis, biasanya laporan ini dibuat bulanan.

Format Laporan Laba Rugi :
Pendapatan:Penjualan kotorHarga Pokok Penjualan

Penjualan Bersih

Pendapatan lain-lain
xx (xx)+ xx

xx +
Total Pendapatan A
Pengeluaran:

* Biaya Gaji
* Biaya sewa
* Tenaga kerja tidak langsung
* ATK
* Maintenance
* Promosi
* Sewa kendaraan
* Sewa tempat
* Telepon
* Perlengkapan
* Asuransi
* Pajak
* Depresiasi
* Cicilan
* Bunga
* Biaya lain-lain

xxxxxx

xx

xx

xx

xx

xx +
Total Pengeluaran B
Laba/Rugi A-B

Membuat estimasi laporan laba rugi dalam 1 tahun dapat dijadikan target pencapaian bisnis.

BREAK EVEN POINT

Break Even Point merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

Rumus nya:

Total Pendapatan = Total Pengeluaran

(Harga Jual x Qty) = (Biaya tetap + biaya variabel)

Estimasi dalam 1 bulan:

Qty = 10 kg x 30 hari = 300 kg

Harga = 300 kg x Rp 5000 = Rp 1.500.000

Biaya Variabel = Rp 1.000.000

Biaya Tetap = Rp 15.000.000

Estimasi BEP

= Total Biaya Tetap / (Penjualan – Biaya Variabel)

= Rp 15.000.000 / (1.500.000 – Rp 1.000.000)

= 30 bulan atau 2 tahun 4 bulan

Biaya Variabel merupakan biaya yang bertambah jika kuantitas penjualan atas suatu produk bertambah.

Contoh biaya variabel pada bisnis laundry:

* – Sabun
* – Pewangi
* – Tenaga kerja langsung
* – Pembungkusan

Biaya Tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak terpengaruh dengan kuantitas penjualan atas suatu produk.

Contoh biaya tetap pada bisnis laundry:

* – Peralatan
* – Tenaga kerja tidak langsung
* – ATK
* – Maintenance
* – Promosi
* – Sewa kendaraan
* – Sewa tempat
* – Telepon
* – Perlengkapan
* – Asuransi
* – Pajak
* – Depresiasi
* – Biaya lain-lain
* – Cicilan
* – Bunga

Taken from http://www.kartikasari08.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s