tugas softskill tanggal 13 november 2010

Posted: Desember 21, 2010 in Uncategorized
Tag:

karangan bebas softskill tanggal 13 november 2010

MANAJEMEN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI
Perguruan tinggi merupakan salah satu tempat yang potensial untuk mewujudkan atau wadah yang bagus untuk melatih manajemen kita.perguruan tinggi merupakan tempat yang kompleks, dimana banyak elemen-elemen yang berbeda yang saling berbaur. Untuk belajar dan mengembangkan manajemen kita dilingkungan perguruan tinggi yang pertama yang kita harus lakukan adalah kita harus mau dan minat dan terjun dalam organisasi. Namanya aja baru belajar tidak usah muluk-muluk dalam mengikuti organisasi, misalnya aja kita cari organisasi yang sesuai dengan hoby kita. Misalnya kita mempunyai hoby musik, ya tentu saja kita harus mengikuti organisasi yang berhubungan dengan music, misalnya, paduan suara atau kelompok mahasiswa pecinta musik.
Memang kalau pertama kita masuk dalam lingkungan organisasi kayaknya aneh, apalagi yang belum pernah sama sekali mengenyam lingkungan organisasi. Dimana dalam organisasi tersebut bayak orang-oarang yang berbeda ntah dari status social, pendidikan yang berbeda,ataupun warga Negara yang berbeda,pokokny, disitu kita serba bingung. Misalnya aja pas rapat kita juga bingung mau ngomonng apaan karena kita juga takut, takutnya itu bukan karna orangnya yang serem-serem tapi lebih kepada tingkat kemampuan kita,dimana kalau ilmu atau refernse kita kurang kita juga bakalan malu kalau pendapat kita salah, kerena kita menghadapi orang-orang yang tingkat pendidikannya lebih tinggi dari kita.
Tapi jangan pernah takut dan khawatir untuk memulai hal yang baru , kita enjoy aja dan kita nikmati aja pekerjaan yang bakalan kita kerjakan . tapi pasti dalam pekerjaan ini pasti kita merasa berat dan terasa membebani kita karena dalam pekerjaan ini dalam setiap kita melakukan sesuatu pasti ada pertanggung jawabannya kepada seluruh orang yang terlibat dalam organisasi tersebut. Tetaplah berusaha dan percaya diri bahwa kita juga dapat diandalkan dan dipercaya.
Tenang saja rasa khawatir, takut, dan kurang percaya diri pada kita akan mulai hilang seiringnya waktu. Dengan seiringnya waktu kita disitu akan lebih mengenal karakter dari setiap orang dalam organisasi tersebut. Dengan seiringnya kita lebih mengenal mereka maka perasaan khawatir, takut, dan kurang percaya diri akan mulai hilang,dan kita tidak lagi canggung lagi untuk mengungkapkan potensi kita kepada umum. Malah kalau kita pandai- pandai dalam menggauli mereka, justru kita dapat mengambil ilmu dari mereka bahkan mereka akan member ilmu-ilmu dalam beroganisasi, intinya kita jangan pernah malu bertanya pada mereka,karena mereka semua merupakan guadang potensi yang harus kita gali .
Sekarang adalah waktunya kita menunjukkan pada dunia bahwa kita juga patut untuk diperhitungkan. Apalagi kita sekarang telah memasuki lingkungan yang baru yaitu lingkungan perkuliahan , kita bukan anak SMA lagi yang sering dianggap sebelah mata. Sekarang tataplah masa depan dan mulailah untuk masuk kelingkungan yang dapat menjadikan kita lebih maju lagi, sehingga kita dapat menjadi manusia yang lebih baik,baik dalam manejemen hidup di dunia maupun manejemen untuk mencari bekal di akherat nanti.
INDONESIA NEGERI BENCANA
Inilah negeri Indonesiaku yang sekarang banyak dilanda becana dan masalah-masalah yang tak kunjung berhenti.belum juga bencana wasior selesai sekarang masih ditambah dengan bencana merapi di Jogjakarta, ada apa sebenarnya dengan negeriku tercinta ini.mungkin semua ini sudah menjadi takdir tuhan sebagai peringatan untuk negeriku atau sebagai cobaan untuk negerku ini agar masyarakatnya menjadi manusia yang taat kepada tuhan dan kembali kepada fitrahnya sebagai manusia yang beraklak mulia. Jangalah kita berbuat semau kita sendiri.
Mungkin kita harus mulai berbenah diri dan harus banyak-banyak merenung mengapa semua ini terjadi di indonesiaku tercinta . tidaklah mungkin suatu bencana datang begitu saja tanpa ada alasan yang pasti.kalau ada akibat pasti ada sebabnya,ya sebabnya yang tau cuma kita sendiri sebagai manusia yang berakal. Mungkin kita mulai banyak merusak alam dan mulai mengexploitasi secara besr –besaran sehingga alam mulai marah kepada kita dan alam membalas dengan balasan yang sangat amat buruk bagi kehidupan kita.
Sepertiya apa yang dikatakan orang itu benar tentang Indonesia yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negeri bencana gimana tidak sekarang bencana dimana-mana dan semua bencana itu tidaklah ringan, semuanya maha dasyat. Misalnya aja bencana yang sangat tragis dan masih membekas di memori kita adalah becana tsunami di daerah aceh dan sumatera utara. Bencana ini sangatlah dahsyat hingg dalam sekejap mematikan beribu-ribu manusia dalam sekejab.tidak hanya itu yang anehnya lagi kapal yang beratny a sampai beberapa ton dapat terdampar keluar lautan hingga masuk ke daratan hingga radius beberapa kilometer,maha puji tuhan yang memperlihatkan kekuasaannya.
Bencana bukan hanya merupakan datangnya dari alam saja, bisa saja bencana itu datangnya dari mausia itu sendiri, misalnya aja sekarang banyak daerah daerah yang ingin melepaskan dari kadaulatan NKRI . di aceh sekarang ada GAM yaitu gerakan aceh merdeka, dimana tujuan dari organisasi atau kelompok ini menginginkan kemerdekaan dan melepaskan diri dari Negara Indonesia. Tidak hanya gerakan di aceh saja yang menginginkan kemerdekaan banyak dari daerah daerah lain yang yang bertujuan serupa, misalnya di Maluku utara ada gerakan MRS, dan di papua ada gerakan bintang gejora. Mereka semua tidak bersyukur tentang bagaimana pahlawan pahlawan kita dulu memperjuangkan kekerdekaan dengan mempertaruhkan jiwa dan raga mereka.
Oleh karena itu agar negeri kita ini aman dan makmur marilah kita jaga keharmonisan hidup dengan tuhan , sesama, dan lingkuangan alam yang bayak memberikan kita banyak manfaat.kita harus lebih mendekatkan diri lagi kepada tuhan , menjaga kerukunan masyarakat agar tercipta kehidupan yang yang aman dan makmur. Dan tidak kalah pentingnya lagi marilah kita jaga bersama sama alam kita ini, supaya alam juga memberikan kebaikan bagi umat manusia.
Dengan kita berbuat yang lebih baik lagi kepada tuhan , sesama, dan lingkungan maka diharapakan Indonesia tidak lagi disebut sebagai Negara bencana, sekarang Indonesia akan dikenal sebagai Negara yang aman, makmur, sejahtera, dan sentosa.negara Negara lain akan lebih menghargai kita dan lebih percaya lagi pada Negara kita sehingga Negara kita akan lebih menarik Negara lain untuk bekerja sama dalam berbagi bidang dan dapat mendatangkan input bagi Negara kita.
MENJADI MAHASISWA PLUS MEMPUNYAI NILAI TAMBAH

terjun dalam organisasi yaitu kita memenajen diri dan dapat menyelesaikan masalah sekarang kita bukan lagi anak-anak lagi yang seperti di SMA maupun di SMP, kini kita telah memasuki lingkunaan baru, yaitu lingkungan mahasiswa. Kita jangan sampai menyamakan lingkungan mahasiwa dengan lingkungan yang dulu-dulu,ingatlah bahwa sekarang kita telah dewasa dan pola pikiran kita harus juga lebih dewasa. Lingkungan mahasiwa adalah lingkungan yang amat besar sekali bagi diri kita, ntah pengaru untuk dari dalam maupun untuk dari luar. Kita dapat memanfaatkan status kita sebagai mahasiswa untuk memperoleh informasi maupun teman kerja sebanyak-banyaknya.kerena dengan informasi dan rekan kerja yang banyak dan memiliki potensi yang besar kita juga akan terpengaruh dan maju lagi kehal-hal yang positif.sebagai mahaiswa baru kita jangan pernah ragu dan dan jangan pernah takut untu selalu mencobanya, yah walaupun sebagai mahasiwa baru kita sering merasa takut dan canggung,itu hanya belum terbiasa saja.
Untuk menjadi seorang mahasiswa yang mempunyai nilai tambah, yaitu nilai tambah yang tidak berasal dari kampus saja memang membutuhkan usaha yang sangat keras . kita tidak hanya meng orbankan waktu dan tenaga kita, kita juga bahkan mengorbankan uang saku kita untuk untuk mendanai kegiatan yang mendukung dalm pencarian nilai tambah.usaha yang dapat kita lakukan yaitu denangan mengikuti organisasi dan dan acara apa saja yang dapat mendukun potensi kita. Misalnya kalau kita hobby dengan kerohanian ,maka kita juga harus masuk dalam acara atau organisasi kerohanian ,jangan menyimpang dari hobby kita,karena dengan menurut hobby kita diharapkan kita akan lebih semangat dan cinta dengan organisasi yang kita jalani.kalau kita sudah menemukan organisasi yang cocok makakita harus dapat mengembangakn potensi kita agar kita menjadi mahasiswa yang mempunyai nilai tambah.tunjukan pada organisasi tersebut bahwa kita mempunyai nilai plus, misalnya aja kita sebagai anak akuntansi kita harus dapat memperoleh jabatan minimal sebagai bendahara. Bendahara yang mengurusi setiap ada apa saja yang berhubungan dengan keuangan yang masuk dalam orgaisasi kerohanian tersebut.
Tapi sebenarnya dalam mewujudka hal hal diatas tidaklah semudah membalikkan kedua telapak tangan, kita harus bekerja keras dalm mewujudkan hal-hal tersebut . kita harus mulai berani dalam mengambil setiap kesempatan dan juga extra keras dalnm membanting tulang. Misalnya aja kita harus mulai mengorbankan waktu untuk tidak kumpul dengan keluarga, mengurangi jam dalam bermain dan kita harus mulai tidur sampai larut malam untuk menghabiskan waktu dalam mengembangkan potensi kita. Tpi kadang –kadang kendala bukan dating dari kita sendiri, bias kendala itu datangnya dari luar misalnya ada aja orang yang tak menyukai kita walaupun sebanarnya kita telah berbuat benar dan tidak berbuat jahat dan suadh memberikan hal yang terbaik untuk organisasi. Yah itulah organisasi ada aja orang yang ingin menjatuhkan kita, natah karena dia sirik ataupun iri dengan kehadiran kita.
Tapi walaupu banyak tantangan dan banyak orang yang tak menyukai kita, tetaplah semangat dalam menjadi seorang mahasiswa yang mempunyai nilai tambah. Kita akan merasakan maafaat dari kita sebagai mahasiswa yang mempunyai nilai tambah, misalnya aja setelah kita lulus nanti apabila kita melamar pekerjaan dan ada test wawancara kita tidak lagi merasa canggung lagi karena kita telah mempnyai pengalaman dalam berorganisasi. Dan manfaat lain dari lebih bijaksana.
MANAJEMEN DIRI SENDIRI, SIKLUS MENCAPAI CITA-CITA
kita,semua orang juga bakalan tau dan mengerti tentang arti manajemen. Tapi manejemen yang kita bahas saat ini adalah manajemen yang dapat membuat diri kita menjadi sukses Manajemen ..yah kata yang tak asing lagi dengan pendengaran dan dapat meraih cita-cita. Tentulah orang mau dan ingin sukses kan? Jika seseorang mau sukses tentulah orang jang an sampai meninggalkan manajemen diri , karena manajemen diri dapat menjadi kunci pokok seseorang dalam meraih cita-cita. Dalam hal ini manajemen diri mencakup beberapa poin yang pertama yaitu manajemem waktu, manajemen dalam urusan , manajemen dalam pergaulan
Untuk menjadi seseorang yang sukses dan dapat mencapai cita-cita manajemen yang pertama kita harus olah adalah manajemen waktu, kenapa manajemen waktu saya tempatkan dalam posisi pertama? Karena saya waktu itu tidak dapat kembali lagi dan tidak dapat di ulang kembali, jadi segala keputusan harus benar- benar di olah dengan matang dan bijaksana.denan alas an dimana waktu tidak dapat di ulang kembali mau tak mau seseorang harus dapat dan berfikir dengan cermat bagaimana memanajemen suatu masalah dengat tepat.dengan seseorang lebih hati hati dalam memenajemen waktu dengan masalah yang sangat rumit orang akan terbiasa untuk lebih menghargai waktu.
Yang kedua adalah manajemen dalam segala urusan,yang dimaksud dalm kalimat disini adalah bagaimana seseorang dapat memenajemen segala urusan dengan baik tanpa harus menindihka urusan yang lain,jadi segala urusan dapat berjalan dengan benar dan seharusnya.sangatlah penting dalam memanajemen urusan, karena apabila urusan itu kita anggap enteng maka itulah sebuah titik kelemahan dalam kita.dimana kalau kita dapat mengerjakannya dengan benar kita dapat poin A malah kita dapat poin B.itulah pentingnya manajemen segala urusan.
Dan yang terakhir yang tak kalah pentingnya adalah manajemen dalam pergaulan,banyak orang orang sukses ysng mencapai cita-cita mereka bukan karena mereka pintar tapi lebih kepada bagaimna seseorang pandai-pandai dalam pergaulan.mereka dapat memenfaatkan keadaan yang ada,mereka tidak perju bekerja terlalu keras dalam mengejar cita-cita mereka cukup memperbanyak jaringan kerja. Dengan kita banyak bersosialisasi berarti kita telah memenajemen pergaulan dengan baik.ada beberapa tips agar pergaulan ataupun manajemen pergaulan kita menjadi lancar.yang pertama yaitu kita harus pandai-pandai dalam mencari teman dalam pergaualan ,karena apabila kita benar dalam mencari teman maka hal tersebut akan mendukung kita dalam mendeksti dalam meraih cita-cita.yang kedua yaitu berlakulah sopan terhadap setiap teman jaringan kerja kita,kalau kita sopan dan segan terhapdap mereka, sebaliknya mereka pun akan segan terhadap kita,dengan segannya mereka maka mereka akan lebih menghomati kita. Dan yang terakhir pilihlah teman atau jaringan kerja yang hamper sama denag bidang yang sekarang kita geluti,karena mereka merekalah yang nantinya dapat membantu,mensuport bahkan dapat sabagai teman sharing dalm memecahkan suatu masalah.
Yakin dan tetep semangat saja dalam memenajemen setiap hal agar kita menjadi salah satu orang yang meraih cita-cita denan memanfaatkan poin-poin diatas.dan janganlah lupa bahwa semua itu harus didukung dengan berdoa kepada tuhan yang maha esa bahwa dengan ridhonya kita dapat mencapai cita-cita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s