REVIEW JURNAL 2

Posted: November 6, 2011 in Uncategorized

REVIEW JURNAL II

STUDI PERAN SERTA WANITA DALAM PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH DAN KOPERASI

Kelompok :

Sholikin: 26210531,                                 http//26210531.student.gunadarma.ac.id

Ryan Adi Putra :26210292,                     http//26210292.student.gunadarma.ac.id

Raden Bambang Sumatri: 25210513,      http//25210513.student.gunadarma.ac.id

Heru : 23210288 ,                                    http//23210288.student.gunadarma.ac.id

Zulfadli : 28210837,                                http//28210837.student.gunadarma.ac.id

Kelas : 2EB09

Abstrak

dari penelitian ini diharapkan dapat menganalisis kemampuan dan partisipasi perempuan dalam UKM dan koperasi, mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat partisipasi perempuan dalam pengembangan UKM dan koperasi, memperoleh alternatif lain dari untuk meningkatkan kemampuan dan partisipasi perempuan dalam pengembangan UKM dan koperasi. Sebenarnya wanita mempunyai potensi dan kemampuan yang sangat besar dalam kegiatan koperasi dan UKM. Kebanyakan wanita yang menekuni usaha koperasi ini mempunyai bidang usaha- usaha yang berlainan, misalnya industri kerajinan dan industri pengolahan. Keberhasilan ini tidak lepas dari kemampuan wanita tersebut yaitu wanita mempunyai persaingan, keterampilan, pemasaran, pemanfaatan sumber ekonomi, dan seft citra.

I.                   PENDAHULUAN

Latar Belakang

Koperasi merupakan suatu usaha dimana pengaruh dari luar sangatkah sedikit bahkan apabila perekonomian dunia megalami pasang surut koperasi merupakan satu- satunya usaha yang dapat bertahan. Saat perekonomian global sedang mengalami kehancuran banyak dari persahaaan – perusahaan besar yang mengalami kehancuran, sehingga banyak adanya pemutusan hubunga kerja yang jumlahnya sanagtlah tidak sedikit. Ditengah tantangan dunia yang begitu besar banyak perempuan –perempuan hebat yang tetap berkarya dalam naungan koperasi. Mereka melakukan kegiatan pengolahan kerajinan dan usaha lain yang dapat mereka jadikan sebagai sumber ekonomi mereka.

Perumusan Masalah

layaknya sebagai manusia biasa yang mempunyai kelebihan dan kekurangan wanita pun juga begitu, dengan adanya penelitian ini dihapakan kita dapat mengetahui seberapa kompetensi dan peran wanita dalam berbagai bidang usaha dan kegiatan, mengapa wanita sukses dalam kegitan tertentu dan gagal dalam kegiatan yang lain, sejauh mana kelebihan dan kekurangan tersebut dalam mengembangkan usaha, dan peran wanita dalam pengembangan UKM dan koperasi.

Tujuan  dan Manfaat

Tujuan yang ingin dicapai dari studi ini adalah :

  1. Mengetahui kemampuan dan peran serta wainta dalam UKM dan koperasi
  2. Mengetahui faktor pendorong dan faktor pengambat peran wanita dalam UKM dan koperasi
  3. Memperoleh alternatif  pemberdayaan kemempuan dan peran wanita dalam penembangan UKM dan koperasi

 

II.                KERANGKA PEMIKIRAN

Di Indonesia sendiri telah mengakui adanya persamaan derajat antara laki –laki dan perempuan. Perempuan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan UKM dan koperasi di Indonesia. Dalam dunia usaha banyak perempuan yang telah sukses dalam menjalankan usahanya. Mereka telah membuktikan diri bahwa mereka dapat bersaing dengan dunia luar.

Untuk meningkatkan dan memperdayakan perempuan indonesis maka harus adanya pelatihan dan sosialisasi yang dapat lebih memperhatikan kemampuan dan keahlian mereka. Karena dengan cara ini diharapkan usaha UKM dan koperasi dapat berjalan sesuai dengan seimbang dan selaras dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak.

III.             METODE PENELITIAN

Lokasi

Studi ini akan dilakukan di lima provinsi yaitu Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Salatan, Kalimantan Barat.

Metode Penelitian dan Analisis Data

Metode Studi

Teknik pengumpulan data primer dengan pengamatan dan diskusi, pengamatan langsung di lapangan, dengan menggunakan kuisioner. Dan data sekunder diperoleh dari studi pustaka, Dinas Koperasi dan UKM dan instansi terkait.

Pengolahan dan Analisis Data

pengolahan data dilakukan dengen cara tabulasi dan analisis data dilakukan secara deskriftif.

ANALISIS

Keberhasilan dan Kegagalan Wanita Sebagai Pelaku Usaha

Sebenarnya faktor penentu dari keberhasilan usaha UKM dan koperasi yang dijalankan oleh perempuan yaitu faktor dari  diri sendiri, misalnya kejujuran, keuletan, jiwa bisnis kerja keras dan semangat etos kerja yang sangat tinggi.

Hambatan yang Dihadapi Perempuan dalam Usahanya

Permasalahan utama yang dihadapi dari kegiatan ini adalah kekurangan modal, lemahnya SDM, kurangnya sarana dan prasarana, kurang menguasai pasar dan perbankan.

Alasan Mengapa Wanita Berkiprah di UKM dan koperasi

Tujuan utama dari kegiatan yang dilakukan ini adalah untuk mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan pekerjaan, dan tentunya meningkatkan kemampuan perempuan Indonesia.

IV.             KESIMPULAN

Sebenarnya kemampuan dan peran perempuan dalam kegiatan UKM dan kopersi sangatlah besar. Seperti halnya pria, perempuan pun dapat menjalankan UKM dan koperasi dengan mantap dan dapat bertahan dengan kondisi yang sulit sekalipun.

Referensi

  1. : http://smecda.com/kajian/files/jurnal/Hal_136.pdf
  2. Anonim, Laporan Akhir Penelitian Peranan Wanita Dalam Pengembangan Koperasi, Badan Penilitian dan Pengembangan koperasi, Departemen Koperasi, 1991-1992.
  3. Hesti, R.WD. Penelitian Perpektif  Gender dalam Analisis Gender dalam Memahani Persoalan Perempuan, Jurnal Analisis Sosial Edisi IV Nopember 1996.
  4. Hetifah, S.dkk, Strategi dan Agenda Pengembangan Usaaha Kecil, Seri Penelitian AKATIGA, Yayasan AKATIGA 1995
    1. MASYKUR Wiratmo, Pengantar Kewiraswataan Kerangka Dasar emasuki Dunia, BPEFE- UGM  Yogyakarta, Edisi Pertama
    2. Porter  Michael E, Competitif Advantage, The Free Press 1985
    3. Siagian Salim dan Asfahani, Kewiraushaan Indonesia dengan Semangat 17-8-1945,puslatkop. PK Depkop dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Jakarta
    4. Sumampaw, S.A.dkk, Ada BersamaTradisi Seri Usaha Mikro kecil, Swissconyact dan Limpad, 2000.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s